Monday, June 29, 2015

Cara Penulisan Embedded Script PHP Pada Dokumen HTML

Cara Penulisan Embedded Script PHP Pada Dokumen HTML -  Script PHP yang disisipkan kedalam dokumen atau tag HTML disebut Embedded Script. Berikut adalah 4 cara penyisipan script PHP kedalam dokumen HTML.



  • Menggunakan <?php ......... ?>
Ini adalah contoh penggunaa yang paling umum dan paling sering digunakan. Kita tinggal menambahkan tag awal dan akhir <?php dan ?> diantara syntak php yang akan kita pakai.

ketikan perintah berikut pada IDE.

Ketikan baris perintah berikut ini

Hasil Embed Script PHP dengan cara ini

  • Menggunakan <?php ........... ?> echo petik satu '
Cara ini sebenernya sama dengan cara pertama tadi hanya saja pada saat menampilkan dengan menggunakan echo, cari ini menggunakan tanda petik 1, namun tetap menampilkan hasil script php kita dengan baik.

script echo dengan kutip satu

hasil script dengan kutip satu

  • Menggunakan <% ...... %>
Style penulisan script php ini sedikit bergaya penulisan asp (active server page). Kita tinggal menyisipkan tag awal <% dan tag penutup %> kemudian isilah syntaks php diantara dua tag itu. Untuk mengaktifkan mode penyisipan ini Anda perlu mengubah settingan pada file php.ini  di server xampp atau wamp Anda. Adapun yang diubah adalah settingan asp_tags. Ubah set asp_tags menjadi On. Setelah nilai settingan php.ini diubah kemudian restart webserver Anda.

Model penulisan php dengan style asp

Hasil script asp style

  • Menggunakan variabel <% ............%>
Metode ini sama dengan metode diatas, hanya saja kita akan memberi nilai pada suatu variabel kemudian menampilkan hasil variabel tersebut dengan echo. Setingan asp_tags pada php.ini juga perlu diubah menjadi on pada cara ini.

Syntak model penulisan asp dengan variabel

Hasil dari syntak diatas
  • Menggunakan tag Script 
Metode yang trakhir adalah menggunakan tag <Script> diawal sisipan file php dan </script>. Kemudian diantara 2 tag tersebut kita dapat menyisipkan sintaks php kita.

Penggunaan tag script
Hasil penggunaan tag script

Seperti itulah berbagai cara penyisiapan syntak php pada dokumen html. Apabila kita melihat view source code pada browser kita untuk syntak embed php ini, maka yang terlihat hanyalah deretan data html saja. Tag awal dan tag akhir penanda kita menggunakan script php tidak akan kelihatan.

Tampilan pada View Source Code

Demikian artikel Cara Penulisan Embedded Script PHP Pada Dokumen HTML. Semoga dapat membantu.

0 komentar:

Post a Comment